Rabu, 16 September 2009

Add-Ons Untuk Windows Explorer

Add-Ons IE8 Favorit

Internet Explorer 8 tentunya juga punya sekumpulan add-ons yang dibuat oleh pihak ketiga dan salah satu perubahan yang nampak pada Internet Explorer 8 adalah pendekatannya pada extension dan add-ons. Pengguna IE8 akan diarahkan pada istilah baru seperti web slice dan accelerator, serta akan melihat perubahan lebih lanjut dari model extension sebelumnya. Dari sekian banyak add-ons yang ada, PCMagazine mencoba membahas beberapa yang menjadi favorit.

1. BizForm Bar
Ini adalah versi gratis dari RoboForm. Add-ons ini menyimpan 10 password, tetapi BizForm Bar masih mendukung fitur yang lainnya. Add-ons ini membuat Anda bisa menyimpan detail dan password dari account Anda, auto-fill pada form registrasi online dan menyediakan virtual keyboard untuk melindungi Anda dari ancaman keylogger.

2. Define Acronym
Ingin dianggap sebagai orang yang tahu semua singkatan yang ada di web? Dengan accelerator Define Acronym, cukup highlight akronim yang ada dan kemudian pilih Define Acronym di menu yang muncul setelah kita melakukan klik kanan, untuk mendapatkan hasil kepanjangannya dari database milik Acronym Finder.

3. Halaman Top Ten dari Digg
Web slice dari Digg ini mengumpulkan cerita yang berada peringkat 10 besar di Digg. Ini adalah cara yang sangat mudah untuk memeriksa secara berkala apa yang sedang hot di Digg, tanpa harus membuka Digg.com.

4. Tool Facebook
Ada sepasang tool menarik bagi pengguna Facebook. Yang pertama adalah accelerator yang dinamakan Find on Facebook yang membuat Anda bisa meng-highlight suatu nama di halaman situs apa saja dan mencari profile-nya di Facebook. Satu tool lainnya dinamakan Share on Facebook yang bisa digunakan untuk mempermudah posting isi dari suatu situs ke profile Anda.

5. IE7Pro
IE7Pro membawa beberapa fitur terbaik dari Firefox ke Internet Explorer 7, dan sekarang ke Internet Explorer 8. Beberapa di antaranya termasuk browsing berdasarkan gerakan mouse (sebagai contoh, membuka dan menutup tab dengan melukis sebuah simbol dengan mouse), crash recovery, ad blocker, spell checker, dan fungsi Greasemonkey.

6. Weather dari Live Search
Web slice ini memberikan contoh yang bagus seperti apa kegunaan sebenarnya dari Web slice. Masuklah ke situs search.live.com dan lakukan pencarian dengan keyword weather dan tambahkan nama kota Anda. Kemudian klik pada kotak hijau di hasil pencarian Anda untuk menambahkan Web slice yang membuat Anda selalu ter-update dengan kondisi cuaca di daerah Anda.

7. BugMeNot
Ketika Anda masuk ke halaman login di suatu situs, mungkin Anda lebih suka tidak melakukan sign up di sana, maka tinggal highlight kolom login-nya dan kemudian pilih accelerator BugMeNot. Accelerator itu akan mengisinya dengan username dan password gratis yang bisa Anda gunakan.

8. StumbleUpon
Ada beberapa add-ons StumbleUpon untuk IE8, seperti accelerator untuk mencari suatu frase atau review. Cukup highlight suatu frase yang ada di suatu web, dan StumbleUpon akan menunjukkan pada Anda, halaman web stumbled yang telah di-tag dengan frase itu. Atau gunakan accelator Share on StumbleUpon untuk secara cepat menambahkan suatu posting. Ada juga web slice Internet Buzz, yang akan mengumpulkan tulisan di StumbleUpon yang terbaru dan terpanas bagi Anda.

9. Visual Search Wikipedia
Tool Visual Search Wikipedia akan meningkatkan kemampuan dari search box dari browser Anda. Masukkan suatu frase di search box dan Wikipedia akan menunjukkan pada Anda, preview dari halaman Wikipedia yang berhubungan. Ada juga tool visual search untuk Amazon, eBay, The New York Times, dan tentunya untuk Google,Yahoo dan Live Search.

10. Yoono
Yoono adalah suatu extension yang mengumpulkan aktivitas dari account situs jejaring sosial dan Instant Messenger Anda ke sebuah sidebar di browser. Anda bisa terus ter-up date di Facebook, Twitter, Flickr, FriendFeed, dan MySpace. Atau chatting melalui AIM, Gtalk, MSN, atau Yahoo Messenger. Sidebar ini memang lebih invasif dari extension lainnya, tetapi sangat praktis untuk mendapatkan semua info dan konektivitas itu tanpa harus membukanya satu per satu.

Yang lainnya..

Anda mungkin bosan dengan Fitur-fitur yang disediakan Windows Explorer dari default windowsnya.
Berikut adalah beberapa add-ons yang bisa menambahkan beragam fitur baru pada Windows Explorer anda :

1. QTTabBar
Kegunaan QTTabBar adalah menambahkan fitur tab pada Windows Explorer seperti tab pada Firefox atau Internet Explorer 7.
Download : http://qttabbar.wikidot.com/download

2. Folder Size
Default Windows Explorer adalah hanya bisa menampilkan ukuran dari suatu file. Dengan menggunakan add-ons ini anda bisa menampilkan informasi ukuran dari suatu folder.
Download : http://foldersize.sourceforge.net/

3. Explorer Breadcrumbs
Kegunaan Explorer Breadcrumbs adalah mempermudah anda dalam menjelajah setiap hirarki folder pada Windows Explorer.
Download : http://minimalist.com/software/ExplorerBreadcrumbs/

4. Styler
Kegunaan Styler adalah untuk mempercantik tampilan toolbar pada Windows Explorer menjadi seperti Windows Vista, Windows Seven, ataupun Mac OS.
Download : http://www.crystalxp.net/

5. TeraCopy
Kegunaan TeraCopy adalah menambahkan fasilitas pause, resume, error recovery pada saat proses copy paste pada Windows Explorer.
Download : http://www.codesector.com/download.php

6. InfoTag Magic
Kegunaan InfoTag Magic adalah menampilan info secara detail suatu file yang anda hover dengan menggunakan mouse.
Download : http://www.contextmagic.com/audiotag-editor/

7. Drive Icon
Kegunaan Drive Icon adalah mengubah tampilan icon drive Windows XP agar terlihat seperti yang di Vista.
Juga menampilkan icon grafis penggunaan harddisk anda.
Download : http://drvicon.sourceforge.net/

8. Visual Task Tips
Kegunaan Visual Task Tips adalah membuat windows explorer XP anda menampilan Visual Task Tips seperti pada Windows Vista.
Download : http://www.visualtasktips.com/download.php

9. FileMenu Tools
Kegunaan FileMenu Tools adalah memungkinkan anda untuk memodifikasi konteks menu pada Windows Explorer.
Download : http://www.lopesoft.com/en/fmtools/info.html

10. Y’z Toolbar
Kegunaan Y’z Toolbar adalah anda dapat menyesuaikan toolbar dan icon Windows Explorer anda.
Anda juga dapat membuat dan menambahkan sendiri themes Windows Explorer anda.
Download : http://www.winaddons.com/yz-toolbar-13/

0 komentar:

Posting Komentar