Senin, 14 September 2009

Tokoh Imajiner = Tokoh Fiktif


Kemarin baca berita di harian Nasional tentang Raditya Dika,penulis novel Kambing Jantan itu.Habis baca ada salah satu kata menarik tentang "Tokoh Imajiner".Kenapa jadi menarik karena kalau menurut aku tokoh imajiner itu bisa dijadikan sumber inspirasi dan semangat hidup,dalam hal-hal tertentu,tentunya dalam arti positif.Arti tokoh imajiner sendiri sepanjang pengetahuan ku adalah tokoh ciptaan/rekaan.Ada kata-kata menarik yang aku kutip dari hasil browsing adalah sebagai berikut:

"seorang bank al membagi teman menjadi 2 kelompok di dunia virtual ini, yaitu: - Teman real - Teman imajiner Teman Real adalah teman-teman yang bisa kubuktikan bahwa dia secara fisik memang ada. Caraku membuktikan tentu saja dengan berbagai metode, bisa dengan bertemu secara fisik, atau dengan perkenalan yg lebih pribadi, ataupun dengan mengenal orang lain yg mengenal dia secara fisik.Teman Imajiner adalah teman-teman yang belum bisa kubuktikan keberadaannya secara fisik. Teman-teman ini bisa saja nyata dan bisa juga hanya tokoh ciptaan. Selama aku belum bisa membuktikan seseorang adalah nyata, maka aku akan menganggap teman tersebut sebagai teman imajiner. Caraku berteman dengan kedua kelompok teman ini tentu saja juga berbeda. Ketika berteman dengan seorang teman real, aku mungkin bisa melibatkan emosi ketika berinteraksi dengannya. Namun berbeda dengan bagaimana aku berteman dengan seorang teman virtual. Hubunganku dengan seorang teman virtual tak melibatkan emosi. Interaksiku dengan teman virtual hanyalah sekedar interaksi tukar pikiran tidak lebih daripada itu. Jangankan melibatkan emosi, bercerita tentang hal-hal yg bersifat pribadi saja aku batasi, apalagi untuk hal-hal yang bersifat rahasia.Oleh karenanya, walaupun akhirnya seorang teman Imajinerku terbukti tidak nyata, aku tidak akan merasa tertipu apalagi perlu marah. Aku paling-paling hanya tersenyum dan tidak merasa harus menghentikan hubungan pertemananku dengannya ...".Hemm...kalau dari sini YM,IRC ,Facebook,Friendster dan seabrek situs pertemanan lainnya serta status chat lainnya...termasuk yang mana ya..bagi kita?,yang terkadang kita tidak sebegitu kenal dan tau keberadaaanya yang terkadang sebagai tempat berkomunikasi bagi kita saja(atau sebagai ajang membual dan mengusir rasa sepi saja..he..he)..termasuk dunia maya ini sendiri juga..wkkwkwkkw.

Ada banyak tokoh imajiner dalam dunia nyata ini...baik yang di ciptakan oleh pribadi individu sendiri,ada juga yang di ciptakan oleh media televisi,yang banyak kita saksikan tiap hari,tentu saja dari sekian banyak tokoh imajiner itu..bisa menciptakan inspirasi bagi kita,tentang banyak hal.Dari sekian banyak itu saya mengutif contoh dari situs lain sebagai berikut:

1.Film seri HEROES.


Heroes adalah serial fiksi-ilmiah tentang sekumpulan “Pahlawan Imajiner” yang memiliki kekuatan superhero yang tentu saja memiliki tujuan classic berupaya untuk menyelamatkan bumi dan menghentikan kekacauan didunia ini. Cerita dimulai dengan menghilangnya seorang profesor ahli genetika yang menghabiskan hidupnya bergelut dengan sebuah teori evolusi manusia, profesor Suresh, dan kemudian hal ini memicu anaknya untuk menyelesaikan pekerjaan sang ayah. Sang anak, Muhindar Suresh, menganggap sang ayah dibunuh (belum tahu dibunuh atau cuma ngilang) berusaha mencari tahu penyebab kematian ayahnya.
Saya pribadi suka nonton serial Heroes ini karena beberapa hal. Pertama, karena ragam kemampuan yang dimiliki tokoh-tokoh Heroes ini buat kita penasaran, apa sih nanti perannya kedepan. Terus selanjutnya yang membuat film ini enak ditonton adalah ”pergulatan” antara kemauan menjadi manusia biasa atau menerima menjadi Heroes untuk menyelamatkan dunia dengan kelebihan yang mereka miliki. Satu hal lagi yang membuat kita tidak bisa berpaling dari layar tipi (bahkan untuk pipis mesti tunggu iklan) adalah keterkaitan satu tokoh dengan tokoh lainnya sangat tinggi. Coba perhatikan apa yang digambarkan dalam komik buatan “Isac” menjadi panutan oleh “Hiro” yang masih berusaha meyakinkan dirinya kalau memang dia “Super-Hiro”.

2.Karakter Lain

Karakter yang dibuat oleh Tim Kring beneran beragam menurut saya. Misalnya seorang pemuda yang sering disebut pemimpi (Milo Vetimiglia, Gilmore Girls) mencoba meyakinkan kakak lelakinya (Adrian Pasdar, Mysterious Ways), calon anggota kongres, bahwa dirinya bisa terbang. Yah, terbang layaknya clark-kent di Smallville. Seorang pemandu sorak (Hayden Panettiere, Ice Princess) menyadari dirinya tidak bisa terluka. Seorang penari di Las Vegas (Ali Larter, Final Destination) memiliki kepribadian ganda yang penuh rahasia. Seorang seniman berbakat (Santiago Cabrera, Empire) bisa melukiskan masa depan. Polisi muda dari Los Angeles (Greg Grunberg, Alias) bisa mendengar pikiran orang lain. Dan di Jepang, seorang pemuda tipikal pekerja biasa (Masi Oka, Scrubs) mengetahui dirinya bisa menghentikan waktu dan bisa berpergian ke banyak tempat sekehendak hati.

3.Emily's



Salah satu teman ku mengidolakan tokoh imajiner yang satu ini,sampek kaos di sablon emily's,bahkan nanti kalau punya anak di kasih nama emily's cek..cek..cek..

4.Osamah bin laden


Tokoh ini menjadi imajiner,karena negara adi kuasa yang begitu besar tidak bisa menangkapnya sampek sekarang...akhirnya jadi tokoh imajiner,hem... apakah keberadaan Osamah bin laden hanya sebagai rekaan...tokoh ciptaan negara tertentu...yang di ciptakan untuk tujuan tertentu...konspirasi..tertentu....

5.Noordin M Top


Karena penyergapan yang begitu dramatis,dan di siarkan langsung oleh banyak stasiun TV,dan hasil penyergapan itu ternyata.....(Tau ndiri...kan).Disini salah satu situs internet mengidentifikasikan Noordin M Top sebagai salah satu tokoh imajiner...wkwkwkwkwkkwk

6.Aneka tokoh Komik

Karena tokoh komik banyak di identikkan dengan tokoh imajiner,dan banyak sekali yang menyukainya,sampek sampek di adakan acara festival tahunan,kutipan nya sebagai berikut:

"Festival Comic Con Internasional Ke-40, Pestanya Tokoh Imajiner

Di industry perfilman banyak acara-acara penghargaan yang menjadi ajang berkumpulnya para insan perfilman seperti Golden Globe Award, Cannes Film Festival dan juga Academy Award. Lalu dimana tempat untuk para karakter rekaan, tokoh komik, dan juga para superhero? Bukankah mereka juga elemen yang turut membuat perfilman dunia lebih meriah dan bernyawa.
Di industri perfilman banyak acara-acara penghargaan seperti Golden Globe Award, Cannes Film Festival dan juga Academy Award yang menjadi ajang berkumpulnya para insan perfilman dunia.
Namun adakah tempat untuk para karakter rekaan, tokoh komik, dan juga superhero? Padahal bukankah mereka juga elemen yang turut memeriahkan perfilman dunia.
Adalah Comic-Con International, sebuah event yang mempertemukan para tokoh yang biasanya anda tidak temui di dunia nyata ini. Seperti tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan Comic-Con ke-40 tahun ini, juga diadakan di San Diego Convention Center.
Comic-Con Internasional San Diego atau yang lebih dikenal dengan Comic-Con pertama kali diadakan tahun 1969 di Golden State Comic Book Convention Centre. Namun sejak tahun 1970 hingga sekarang festival ini diselenggarakan di San Diego Comic Book Convention Center.
Sesuai tradisinya, festival yang berlangsung saat musim semi ini selalu digelar selama 4 hari (Kamis-Minggu) dengan 4 jam acara pembukaan pada malam Kamis. Nama Comic-con sendiri diambil dari nama event sekaligus juga nama organisasi penyelenggaranya. yaitu Wondercon dan juga The Alternative Press Expo (APE), keduanya berlokasi di San Fransisco, California.
Selain memamerkan karya-karya komik dunia, akan ada pemutaran film live action 3D dan juga film-film seperti Avatar, New Moon, dan IM2. Festival ini juga dihadiri oleh bintang-bintang Hollywood seperti Megan Fox, Robert Downey Jr dan juga Cameron Diaz. Megan Fox hadir untuk mendukung film Jennifer's Body dan Jonah Hex, sementara Robert Downey Jr. mendukung filmya Iron Man 2 dan Sherlock Holmes. Cameron Diaz, juga tidak mau ketinggalan mempromosikan film terbarunya The Box.
Salah satu yang menjadi ciri khas ajang Comic Con adalah para audience atau fans yang hadir, datang dengan memakai kostum sesuai tokoh favoritnya.
Tahun lalu Comic Con mencatat rekor penjualan sold out-nya yang pertama, dimana Film Twilight, menjadi film terfavorit. Sementara tahun ini, sekuelnya New Moon, juga diprediksi menjadi salah satu film yang paling banyak difavoritkan"



Begitu banyak diantara kita menciptakan tokoh imajiner....untuk kepentingan tertentu dan tujuan tertentu...dan itu hak setiap orang.Aku punya crita menarik tentang ini,aku mempunyai seorang teman yang suka berbohong,dia suka berbohong..dengan mengindetifikasikan tokoh rekaannya atau ciptaannya...dalam berinteraksi dengan teman,sosial,dan lingkungannya.Namun bisa di terima oleh lingkungannya...karena dia menciptakan setiap peristiwa yang di alami dengan penuh canda...sehingga orang tertarik mendengarnya..dan tertawa setiap melihat tingkah lakunya...walaupun itu bohong adanya.Hemm...mungkin tokoh imajiner...hanya bisa di trima dengan ketulusan,menghibur.....di terima deh....

Kembali ke kutipan kata-kata Raditya Dika diharian nasional sebagai berikut :

"Bicara penghasilan, lebih besar mana jadi direktur, penulis buku, atau pemain film? "Yang paling gede menulis buku. Royalti itu per enam bulan dan gede. Kalau gaji direktur dan Pemred semacam fix income aku. Untuk aku sebagai seorang Capricorn yang butuh sekuritas, paling tidak aku butuh fix income. Sedangkan yang lain adalah variable income," ujarnya.

Menurut Radith, fix income adalah penghasilan andalan untuk keperluan sehari-hari. Sementara itu, seluruh variable income ditabung. "Variable income aku simpan di tabungan untuk anakku yang belum lahir. Kalau dia minta apa-apa nanti, aku bisa kasih," tuturnya.

Selama bekerja, Radith memang selalu mengibaratkan diri sudah punya anak. Tujuannya, dia terpacu untuk menulis dan bekerja lebih baik lagi. "Aku suka membayangkan punya anak imajiner. Jadi, aku tahu mesti simpan uang banyak buat anakku nanti," ucapnya..."

Nah tokoh imajiner bisa di jadikan insprasi positif........dalam hal hal tertertentu...good luck!











0 komentar:

Posting Komentar