Senin, 14 September 2009

Kecanggihan Firefox Add-ons Sayang Untuk Di Lewatkan



Anda tentu sudah kenal browser si rubah merah memeluk dunia,Browser ini cukup hebat dibanding kan dengan browser lainnya,karena mempunyai fasilitas add-ons,dimana dengan fasiltas ini akan memudahkan anda dalam banyak hal,dari molai hacking,download,multiple account,dll.Tentu saja dengan persenjataan yang ada di add-ons yang dimiliki oleh si rubah,anda dapat mengklik Tools dan mencari softwore yang anda kehendaki,lalu mengistalnya.Atau mengakses di situs resminya di sini : https://addons.mozilla.org,di sini anda dapat memperoleh keterangan add-ons yang anda kehendaki dengan di sajikan secara lengkap. Di bawah ini banyak di sajikan contoh add-ons,bila tidak ada,yang harapkan silakakan mencari di situs resminya,yang tentunya sangat banyak,sesuai yang anda ingini,atau anda bisa mengklik di brwoser Mozilla Firefox anda,dengan mengklik Tool -->add-ons -->Get add-ons-->kotak search-->ketik kata2 sesuai keinginan anda.

7 + 1 Pilihan Add-ons Mozilla Firefox untuk Web Developer (Rekomendasi)

Jika ada pertanyaan: “Browser default sampean apa?” saya akan menjawab “Mozilla Firefox”. Bukan berarti saya tidak suka dengan browser lainnya, tetapi karena kebutuhan untuk mendukung pekerjaan saya bisa terpenuhi dengan Mozilla Firefox. Mengapa demikian? karena selain paling sering uptodate mengikuti perkembangan standart web, browser ini paling banyak mendukung plugin/add-ons yang sangat dibutuhkan.

by Daniel F. Pigatto

by Daniel F. Pigatto

Pada saat postingan ini ditulis setidaknya ada ribuan add-ons yang terbagi dalam beberapa kategori, misalnya: Download Management (349), Feeds, News & Blogging (696), Photos, Music & Videos (566), Social & Communication (877), Web Development (837) dan beberapa kategori lainnya. Melihat banyaknya add-ons pasti membuat kita semua bingung mau milih yang mana?

Supaya tidak bingung :) maka saya akan mencoba berbagi untuk merekomendasikan plugin apa saja yang saya gunakan sehari-hari khususnya dalam dunia pengembangan website (web development). Berikut 7 + 1 Plugin pilihan:

  1. Firebug
  2. firebug

    firebug

    Firebug adalah add-ons no satu dan wajib hukumnya diinstall khusunya untuk para praktisi web development baik itu designer maupun programmer. Firebug ini bentuk jenius dari fasilitas “view source” dimana data coding dibalik halaman website bisa terlihat secara struktural berdasarakan fungsi-fungsi tag HTML/CSS juga script khusus, sehingga sangat membantu dalam proses development.

  3. MeasureIt
  4. measureit

    measureit


    Selayaknya fungsi “Rectangular Mrque Tool” di Photoshop, melalui MeasureIt kita bisa mengukur seberapa lebar (width) atau tinggi (height) sebuah objek di halaman website, misalnya gambar, text, area, space kosong, header, sidebar, footer, wrapper dan-lain-lain. cukup klik secara diagonal. Saat add-ons ini di aktifkan juga otomatis muncul layer dengan kira-kira transparasi warna putih 50%, cukup berguna untuk melihat objek gelap tanpa perlu merubah setting brightness/contrast monitor kita.

  5. ColorZilla
  6. colorzilla

    colorzilla

    Dengan colorzilla kita bisa melihat semua warna yang ada pada halaman website (baik image, text, maupun background-color) secara instan dengan sebuah color picker, selayaknya “eyedropper Tool” di Photoshop. tinggal kita klik dengan cursor di titik yang kita inginkan maka akan muncul rumusan warna RGB misalnya #FF9900.

  7. GridFox
  8. gridfox

    gridfox

    Jika teman-teman sudah akrab dengan grid system keluaran 960.gs maka saya sangat merekomendasikan add-ons ini. Saat kita mengaktifkan gridfox akan muncul layer transparan baru di firefox kita (dengan warna dan kapasitas transparant yang bisa kita atur) bergaris vertikal maupun horizontal, sangat perlu untuk melihat apakah web yang sudah kita buat sudah rapi secara grid system.

  9. Image Zoom
  10. image zoom

    image zoom

    Fasilitas untuk memperbesar / memperkecil gambar saja, sebenarnya Mozilla Firefox versi terbaru sudah bisa zoom in dan zoom out semua objek baik text dan gambar sekaligus, namun kadang kita hanya perlu zoom in / zoom out gambar saja tanpa perlu merubah ukuran text

  11. Screengrab
  12. screengrab

    screengrab

    Add-ons ini dipakai untuk “print screen” halaman website, bisa langsung tersimpan dalam bentuk file (.png / .jpg) juga bisa sekedar “copy” saja yang hasilnya bisa di-”paste” ke Photoshop. Yang paling menarik dari plugin ini adalah selain bisa capture apa yang terlihat di “jendela” saja juga bisa capture keseluruhan halaman dari atas sampai bawah sekaligus, sayangnya tidak bisa capture file flash.

  13. Window Resizer
  14. Resize Window

    Resize Window

    Ukuran resolusi monitor yang dipakai user ada berbagai macam, saat membuat website tentu kita ingin tahu bagaimana website tersebut jika dilihat di berbagai resolusi monitor. Dengan add-ons ini kita tidak perlu merubah setting screen monitor, cukup merubah lewat firefox saja misalnya untuk melihat resolusi 640×480, 800×600, 1024×768, dan seterusnya.

  15. Web Developer
  16. web developer

    web developer

    List terakhir ini yang saya sebut “+ 1″. Sengaja saya sendirikan plugin ini dari daftar diatas karena secara garis besar banyak fasilitas dari poin 1 sampai 7 ada di add-ons ini, saking banyaknya tools sampai buka Firefox serasa buka Software web editor seperti Macromedia Dreamweaver :) tetapi karena saking lengkapnya justru saya malas menggunakan. Saya lebih suka yang simple dan hanya saya perlukan sesuai kebutuhan saja (1-7).

    9.Firefox Accessibility Extension 1.5.53.0


    Fungsinya buat mendisable website yg diprotect

Tentunya teman-teman sudah ada yang menggunakan beberapa add-ons diatas, atau mungkin ada add-ons lain yang lebih kalian sukai dan bagus untuk direkomendasikan silahkan …

Sumber: http://zam.web.id/2009/08/03/7-1-pilihan-add-ons-mozilla-firefox-untuk-web-developer-rekomendasi/


Addons Firefox Favorite Untuk Membantu Browsing Kamu

Semua sudah pada tahu dengan browser Mozila Firefox. Yup, browser yang menjadi salah satu pilihan para netter ini menyuguhkan berbagai macam feature menarik dibandingkan dengan browser-browser lain. Salah satu featurenya adalah adanya fasilitas addons. Ada yang belum tau addons? Singkat saja, addons adalah aplikasi tambahan/plugin pada browser mozila firefox untuk membantu kemudahan dalam melakukan browsing di internet.
Bagaimana cara menginstall addons? Simpel saja, klik menu File—Open File, lalu browse file .xpi yang di download dari website penyedian addons. Atau dapat langsung mengunjungi website addons mozila firefox, instalasi akan dilakukan otomatis secara online.

Dalam tutorial ini saya akan membahas beberapa addons favorite yang biasa saya gunakan, yaitu:


1. Reload Every
Fungsi reload every adalah untuk mereload/merefresh tampilan halaman website setiap interval tertentu. Interval yang tersedia bermacam-macam sesuai kebutuhan, bisa dalam detik, menit, dan jam. Ini biasanya saya pakai untuk mereload thread di forum apakah sudah ada yang reply atau belum.


2. Split Browser
Fungsi split browser adalah untuk mensplit/memecah halaman-halaman website sehingga dapat melihat banyak halaman website dalam satu layar. Tampilan split bisa horizontal, vertical, dan cascade.


3. Hide Tab
Malu halaman website yang sedang Anda buka terlihat oleh orang lain? Anda dapat memanfaatkan addons Hide Tab ini untuk menyembunyikan halaman website tertentu. Jika sudah yakin tidak ada orang lain yang melihat, Anda dapat membukanya lagi. Heee…


4. Paste And Go
Biasanya Anda mengetikan alamat website di box url address lalu menekan tombol enter, tapi dengan addons Paste And Go ini cukup dengan mencopy text/link url yang akan dibuka lalu lakukan paste pada box url address, maka website akan terbuka secara otomatis.
5. FoxMark
Anda sering kehilangan history bookmark karena install ulang aplikasi mozila atau install ulang operating system. Jangan khawatir lagi, karena dengan menggunakan addons FoxMark ini history bookmark Anda akan direkam langsung diwebsite foxmark secara online. Jika Anda kehilangan bookmark, tinggal melakukan restore saja menggunakan addons yang sakti ini.

6. Download Them All
Ini dia addons buat mendongkrak kemanpuan download mozila firefox. Dengan addons ini Anda dapat memanage konektivitas download sehingga diperoleh koneksi download yang lebih cepat walaupun mendownload beberapa file sekaligus.


7. FoxyProxy
Dari namanya sudah dapat ditebak kalau addons ini berhubungan dengan masalah proxy. Belum tau tentang proxy? Googling aja yah.. Heee.. Bagi Anda yang sering gonta-ganti koneksi terutama menggunakan proxy addons ini sangat cocok digunakan. Anda dapat memanage koneksi ke proxy favorite Anda karena setiap settingan proxy yang kita buat dapat disave sehingga dapat digunakan lagi tanpa harus menconfigure ulang.

Sebenarnya masih banyak addons lain yang bagus-bagus. Namun, tidak bisa saya bahas semuanya disini. Bagaimana dengan Anda, apakah punya addons lain yang lebih menarik dan bermanfaat untuk membantu kegiatan browsing internet? Jika punya silahkan masukan di bagian comment.


Semoga bermanfaat.

Sumber:http://blog.eymoney.com/free/addons-firefox-favorite-untuk-membantu-browsing-kamu/

Add-ons Mozilla Firefox Print E-mail


Add-ons adalah tools yang melekat pada aplikasi atau software tertentu, dalam hal ini adalah Mozilla Firefox. Sampai saat ini menurut saya browser yang paling dapat diandalkan serta common user friendly adalah Firefox, oleh karena itu support add-on yang diberikan juga terbilang paling lengkap. Bantuan add-ons apa saja yang ingin kita cari kemungkinan besar tersedia di firefox.

Berikut langkah-langkah untuk menambahkan add-ons di firefox kita:
1. Langsung ketikkan url add-ons Mozilla firefox, cari berdasarkan klasifikasi ataupun kebutuhan, setelah sesuai dengan keinginan silahkan install. urlnya silahkan klik disini.
2. Pada menu bar di Firefox terdapat menu tools:
- add-ons
- di dalam Get Add-ons terdapat box kosong untuk mencari add-ons yang kita butuhkan. Ketikkan sesuatu yang diinginkan, maka akan muncul beberapa pilihan add-ons yang siap kita instalasi.
- Pilih salah satu atau lebih dan klik install. Setelah selesai instalasi biasanya diminta restart firefox, klik OK. Setelah restart, add-ons siap dipakai.
Sekadar sharing saja, add-ons yang dapat diandalkan pernah dan biasa saya pakai adalah :

1. Fast Video Download
Menyimpan video streaming semacam youtube dan provider-provider lain dengan mudah.

2. DownThemAll!
Seperti layaknya download manager, memudahkan kita untuk mendownload secara massal dan mengorganizenya.

3. SearchStatus
Menampilkan Google, Alexa, Compete dan Linkspace ranking dan tools bantuan lainnya

4. Gmail Space
Gunakan akun gmail (sekitar 7 GB) untuk penyimpanan file online kamu. Upload dan download langsung dari sini.

5. File and Folder Shortcuts
Shortcut file atau folder yang ada di komputer agar bisa dibuka di dalam browser firefox kamu.

6. Boost for Facebook
Tingkatkan kemampuan facebook kamu, mulai dari tampilan, autologin, download video serta pengaturan lain.

7. ColorZilla
Memilih dan mengkolaborasikan warna yang ada di browser.

8. CrossFTP
Alpikasi FTP untuk berbagai platform

9. TinyUrl Creator
Membuat tinyurl secara langsung

10. Web Developer
Website development tools sangat membantu webmaster untuk mengedit dan membuat kreasinya.

11. Update Notifier (UN)
Apabila terdapat update dari aplikasi add-ons yang terinstall. Biasanya UN akan memberikan peringatan.

Sedikit review add-ons di atas hanyalah bagian terkecil dari semua add-ons yang tersedia dan terus berkembang. Untuk satu macam aplikasi yang dibutuhkan, biasanya terdapat beberapa add-ons yang tersedia. Tinggal trial & error saja yang paling pas untuk kita pakai. Silahkan membayangkan apa yang dapat membantu kita berinternet dengan firefox? setelah itu langsung cari add-onsnya. Selamat mencoba.

Sumber:http://wanto.web.id/internet-a-blog/91-add-ons-mozilla-firefox

Atau anda bisa mengikuti forum berikut ini:

http://www.oprekpc.com/forum/topics23/firefox-add-ons-extensions-themes-plugins-toolbar-vt6442.htm?sid=5305ce261481ab4a4efdaf8d34ab2aac

Selamat mempraktekkan



0 komentar:

Posting Komentar